Header Ads

GET LEADERSHIP!

Salah satu dari 10 tuntutan bisnis masa depan adalah  keharusan dimilikinya leadership from everybody pada  seluruh kru bisnis kita! Driser, leadership bukanlah   bakat karena Islam sudah mensiratkannya ada pada setiap  diri manusia dan akan dipertanggungjawabkan kelak di hari  akhir! Leadership ini hanya perlu ditampilkan potensinya,  lalu dilatih, dikembangkan dan dimantapkan agar menjadi  kompetensi yang menyatu pada diri kita sedari dini.

 Itulah  sebabnya, tulisan kali ini agak beda dari biasanya. Menyorot  langsung sebuah pembelajaran leadership untuk siswa SMP  yang bersejarah. Yuk Kita simak. Tahun ajaran  2011/2012 ini buat siswa SMPIT  Insantama Bogor, sungguh amat menyemangati karena  Pekan Ta'aruf-nya (Juli lalu) dimulai dengan  sesi kegiatan  Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi seluruh siswa kelas  7, 8 dan 9.  Tajuk LDK ini adalah leadership & team building  untuk menyatukan pemikiran, perasaan dan ketaatan pada  peraturan  semua siswa.   Inti  LDK ini ada pada game dan  simulasi manajemen tim 'Pendirian Tiang Bendera dari  Rotan' dengan batas ketinggian minimal 7.5 meter.

Batas  ketinggian ini dinaikkan dari tahun sebelumnya yang hanya  5.5 meter. Mereka dilatih selama 2 hari 1 malam. Beragam  penugasan dan tantangan mereka hadapi, namun mereka  tetap bertahan dan tetap semangat. Puncaknya adalah ketika  hanya 4 dari 9 kelompok peserta saja yang berhasil  mendirikan tiang bendera tahap pertama dengan ketinggian  8 meter.  Itupun membutuhkan waktu 5 jam, dari diskusi  merencanakannya lalu mempresentasikannya di hadapan  forum besar dan mengimplementasikannya di lapangan  dengan mendirikan tiang bendera dari modal 3 tiang rotan  yang masing-masing bertinggi 3 meter. 

Ketika evaluasi  dilakukan ternyata, semua tetap berharap untuk dapat  mendirikannya. Alhasil, diputuskan secara bersama bahwa  semua harus terlibat sesuai dengan posisinya masing-masing  dan tiang bendera yang harus ditegakkan cukup 1 saja  namun dengan ketinggian minimal 9 meter! Meski kaget,  namun peserta tetap semangat!  Subhanallah dalam tempo 3 jam, mereka akhirnya   mampu membuat tiang bendera setinggi 11 meter atau  nyaris setara dengan 3 lantai gedung SMPIT Insantama.   Tiang tersebut dapat berdiri tegak dengan waktu yang cukup  lama.
 
Anak-anak santri IBS (Insantama Boarding School) pun  antusias mendukung pendirian tiang tersebut dengan yel-yel  penyemangat.  Proses pendirian tiang ini dipandu oleh siswa  sendiri dan didampingi oleh para guru SMPIT Insantama sebagai  tim fasilitator pelatihan yang dikomando Bp Muhammad Karebet  Widjajakusuma yang sekaligus sebagai Pembina Kesiswaan. Kini, sejarah pendidikan di Indonesia akan mencatatnya  bahwa untuk pertama kalinya di Indonesia, siswa SMP berhasil  mendirikan tiang bendera 11 meter!

Lebih dalam dari itu, para  siswa telah mencatatkan sejarahnya sendiri bahwa semua punya  potensi leadership yang sama, mereka mampu asalkan mereka  mau. Dan semua ini karena Allah Swt yang telah membuat mereka  kuat dengan keimanan yang kuat dan keyakinan akan berprestasi  yang tinggi. Sebuah modal lebih untuk memulai hari-hari prestasi  di SMPIT Insantama, Sekolah Calon Pemimpin. Insya Allah.

Driser, dari reportase singkat di atas kita bisa ambil pelajaran.  Meski 1 tuntutan yang diberikan, yakni leadership from everybody,  namun hakikatnya, mereka telah berlatih untuk memenuhi 8  tuntutan bisnis masa depan lainnya,  yakni speed & responsive,  Creativity innovation, Focus on competition environment, Control  by vision and values, Information shared, Proactive;  entrepreneurial, Interdependence, dan Environmental Concerns.   

Kini, giliran driser semua untuk membangun jiwa leadership saat  terjun ke masyarakat. Tidak hanya memimpin untuk mendirikan  tiang bendera dari bambu, tapi bersama umat mendirikan  pemerintahan Islam yang akan menjadi tiang pancang penerapan  syariah Islam di tengah-tengah kita. Subhanallah. Alhamdulillah…  luar biasa…Allahu akbar!!!  [] 
Diberdayakan oleh Blogger.