Header Ads

MALAS BERDOA

asalamualaikum mbak rina, kadang aku merasa malas berdoa karena doa ku selama ini tidak juga dikabulkan Allah gimana agar aku tetap semangat berdoa ? (firda bumi  Allah)

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Dik Firda yang mengharap rahmat Allah  Saya bisa memahami kegalauan di hati adik  yang merasa Allah belum mengabulkan do'a  yang  selama ini dipanjatkan. Do'a adalah ibadah, dan Allah  mencintai seorang hamba yang berdo'a kepada-Nya.  Berdo'a hukumnya sunnah, sebagai bentuk  pengakuan seorang hamba yang lemah tanpa  kekuatan kecuali pertolongan dari Allah. Barangsiapa  tidak berdo'a berarti ia sombong dan telah  meninggalkan kebaikan yang banyak.


Dik Firda yang mengharap rahmat Allah  Agar do'a dikabulkan, hendaklah kita  menghiasi diri dengan ketaatan menjalankan perintah  Allah dan menjauhi larangan-Nya. Jangan sampai kita  mengharap Allah memenuhi keinginan kita,  sementara seruan Allah kita abaikan. Pilihlahlah juga  waktu berdo'a yang utama yaitu saat sujud, di tengah  malam, dan setelah shalat wajib. Berdo'a tidak berarti  kita meninggalkan usaha. Kita harus melakukan usaha  yang menghantarkan tercapai keinginan kita, misal  jika ingin nilai bagus berarti usahanya belajar secara  teratur, dsb. Kita berusaha dan senantiasa  menyertainya dengan do'a. 

Dik Firda yang mengharap  rahmat Allah Allah pasti akan  mengabulkan setiap do'a hamba-Nya, ketika hamba itu berdo'a  kepada-Nya. Terkabulnya do'a kita  tidak selalu terwujud di dunia. Do'a  itu kadang bisa dikabulkan di dunia  atau Allah akan menyimpannya di  akhirat kelak. Di akhirat akan  terdapat pahala yang sangat besar  dan banyak, atau Allah akan  memalingkan keburukan dari kita  sesuai dengan kadar do'a (Al Hadist).  Jadi kita harus terus berdo'a kepada Allah, insyaAllah akan semakin banyak  yang akan Allah kabulkan.  


Dik Firda yang mengharap rahmat Allah  Berdo'alah dengan ikhlas dan  menyerahkan segalanya kepada Allah,  karena Allah mengetahui apa yang terbaik  bagi kita. Dalam berdo'a, hendaklah kita  tidak tergesa-gesa yaitu mengeluh ketika  tidak dikabulkan dan akhirnya  meninggalkan do'a. Yakinlah Allah dekat,  Ia akan mengabulkan permohonan  seseorang yang berdo'a apabila ia berdo'a  kepada Allah dengan memurnikan  ketaatan hanya pada-Nya. Selamat  menikmati indahnya berdo'a.................. [] 
Diberdayakan oleh Blogger.