Header Ads

SABIL : SEBUAH KISAH PERANG SUCI

edisi ini, D'RISE akan merekomendasikan karya staf redaksi D'RISE sendiri yaitu Sayf Muhammad Isa. Hehe, ini bukan nepotisme lho, tapi emang sayf udah berhasil merampungkan sebuah novel yang oke banget yang Elayak masuk daftar rekomendasi D'RISE. Karya sayf ini adalah sebuah dwilogi novel yang berjudul Sabil, yang diterbitkan oleh Qanita (Mizan Publishing House).

Bagian pertama novel ini terbit pada bulan september 2011, bagian keduanya insyallah sedang dipersiapkan untuk terbit awal tahun ini. Sayf berhasil memanggungkan berbagai unsur cerita dan meramunya menjadi sebuah kisah yang mendebarkan. Ada kisah cinta, ada taktik dan strategi perang, ada pergulatan politik, militer, dan berbagai perundingan internasional antarnegara kolonial, sekaligus kekuatan jiwa, pengorbanan, keteguhan, dan keimanan. Ada kisah cinta antara cut nyak dien dan suami pertamanya, teuku ibrahim lamnga.


 Ada keteguhan dan keimanan teungku cik di tiro. Ada syair hikayat prang sabil yang digubah oleh teungku cik pante kulu, dan banyak lagi kisah kepahlawanan lainnya yang menegangkan. Sabil juga menggambarkan betapa gilanya nafsu penjajahan belanda terhadap kaum muslim aceh dalam berbagai dialog yang memukau dan mendebarkan. Kita akan mendapatkan gambaran betapa negara-negara kafir melakukan berbagai persekongkolan untuk menduduki tanah-tanah kaum muslim. Sayf menggunakan pilihan kata yang puitis dalam paragraf-paragrafnya.

Namun kata-kata puitis itu berhasil ia letakkan dengan apik dan indah, dengan panjang yang sesuai sehingga tidak membuat pembaca kelelahan membacanya. Pada bagianbagian yang lain sayf menggunakan kalimat-kalimat yang tegas dan lugas untuk menggambarkan gejolak di dalam ceritanya. Ia pun berhasil mendeskripsikan berbagai setting dengan anggun dan diksi (pilihan kata) yang unik. Dialog-dialog yang dibangunnya pun begitu menggugah dan seru, selalu ada kejutan yang disisipkannya di setiap aliran adegan.


So, D'RISE merekomendasikan Sabil untuk melengkapi arsip buku-buku D'RISEr. Semoga tertular semangat dan keteguhannya. Bravooo….[Isa]  
Diberdayakan oleh Blogger.