Header Ads

Gak PEDE

Assalamualaikum Wr. Wb.  Mbak Rina, saya mau  bertanya tntang sikap saya,,  saya merasa gakk pede, susah  bersosialisasi sama temen2,  sering juga dibilang  sombong, padahal sbnr nya  saya gakk gitu. Gimana  menurut pendapat mbak  Rina, mohon bimbingan nya.  Syukron. (Nn)

Wa'alaikumussalam Wr. Wb. Dik Nn yang baik Sesungguhnya Allah SWT telah  menciptakan kita sebagai makhluk  terbaik. Masing-masing kita memiliki  kelebihan dan kekurangan. Tidak ada  seorang pun yang sempurna, karena  kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT.  Keberadaan rasa kurang percaya diri  muncul, karena adanya pandangan  negatif kita terhadap diri sendiri, dengan  melupakan kelebihan yang dimiliki.


Agar  kepercayaan diri muncul, maka yang  harus dilakukan adalah memandang  secara objektif terhadap diri kita.  Menyadari bahwa kita memiliki  kelebihan dan kekurangan. Kita berusaha  menggali, mengoptimalkan kelebihan  dan potensi yang kita miliki, dan  memperbaiki kekurangan yang ada.  Kita  harus senantiasa ingat, bahwa seseorang  mulia tidak dipandang dari segi harta,  pangkat, jabatan atau kecantikan.  Sesungguhnya orang yang paling mulia di  hadapan Allah, adalah orang yang  paling bertakwa.   Dik Nn yang  baik    Kita adalah sosok individu sosial.  


Sebagai bagian dari keluarga,  komunitas sekolah, dan anggota  masyarakat, tentu kita tidak bisa hidup  sendiri. Kita akan selalu memerlukan  berhubungan dengan orang lain. Dalam  menjalin interaksi dengan orang lain  diperlukan kemampuan bersosialisasi.  Kemampuan bersosialisi memang  harus senantiasa dilatih. Islam telah  mengajarkan bagaimana kita  berinteraksi dengan orang lain, misal  mengucapkan salam dan menyapa  ketika bertemu dengan saudara  sesama muslim, saling mengunjungi  saudara, teman dan tetangga,  memberikan perhatian saat sahabat  kita berbicara dengan kita, berbicara  santun dan lemah lembut dengan yang  lain, dll. 

 Dik Nn, kemampuan bersosialisi akan semakin baik dengan kita sering  membiasakannya. Kita bisa karena  biasa. []     
Diberdayakan oleh Blogger.